Sekilas Tentang Jerman

Posting Komentar



Panggilan Formal dan Nonformal


Dalam bahasa Jerman, kata ganti Sie  digunakan dalam panggilan formal saat berbicara dengan orang asing/ baru dikenal. Sie juga digunakan saat berbicara dengan orang yang lebih tua atau memiliki kedudukan lebih tinggi, misalnya murid kepada guru. Contoh: Wie heiβen Sie? [Siapa nama Anda?]. Wo wohnen Sie, Herr Bryan?  [Di mana Anda tinggal, Tuan  Bryan?].


Kata ganti Du digunakan untuk memanggil teman, kenalan, keluarga dan sanak-saudara. Selain itu, Du adalah kata panggilan untuk anak-anak dan remaja sampai umur 16 tahun. Contoh: Wie heist du?  [Siapa namamu?],  Wo wohnst du, Hen? [Di mana kamu tinggal, Hen?].


Bentuk Negara


Nama resmi Negara yang berada di jantung Eropa ini adalah Bundesrepublik Deutschland (Negara Kesatuan Republik Jerman). Dari namanya, dapat diketahui bahwa bentuk Negara Jerman adalah republic. Negara yang beribukota di Berlin ini menganut system pemerintahan federal. Itu artinya, Negara ini terbagi atas beberapa Negara bagian yang memiliki otonomi sendiri. Jerman memiliki 16 negara bagian, yang tiga diantaranya berbentuk Stadtstaaten (Negara kota; kota otonom).


1. Schleswig Holstein, beribukota Kiel

2. Mecklenburg Vorpommern, beribukota di        Schwerin.

3. Brandenburg, beribukota di Potsdam.

4. Sachsenanhalt, beribukota di Magdeburg.

5. Niedersachsen, beribukota di Hannover.

6. Sachsen, beribukota di Dresden.

7. Thüringen, beribukota di Erfurt.

8. Hessen, beribukota di Wiesbaden.

9. Nordrhein Westfalen, beribukota di Düsseldorf.

10. Rheinland Pfalz, beribukota di Maiz.

11. Baden Württemberg, beribukota di Stuttgart.

12. Bayern, beribukota di München.

13. Saarland, beribukota di Saarbrücken.


Adapun yang termasuk Stadtstaaten adalah sebagai berikut. 

14. Berlin

15. Hamburg

16. Bremen


Dialeg Regional


Seperti halnya penduduk Indonesia yang biasa dikenal dari bahasa dan dialeg daerahnya, penduduk Jerman pun dapat dibedakan berdasarkan dialek regional mereka. Aneh memang, di sebuah negara yang wilayahnya tidak terlalu besar, Jerman memiliki banyak sekali dialek. Logat/ dialek ini kemudian dianggap sebagai  salah satu kekayaan budaya Jerman. Beberapa dialek utama Jerman adalah Schwäbisch, Hessisch, Alemannisch, Bairisch, Badisch, Fränkisch,  Niederrheinisch, Kölsch,  Thüringisch,  Sächsisch,  Pfälzisch dan Berlinerisch.

Karya Osin Bahy
saya osin bahy

Related Posts

Posting Komentar