Mengapa Harus Belajar Bahasa Jerman

2 komentar

 



Mengapa harus belajar Bahasa Jerman? Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh orang-orang yang apatis dengan Bahasa Jerman.


Kita sering mendengar berbagai ungkapan mengenai bahasa, salah satunya yakni bahasa adalah jendela dunia. Ungkapan itu benar sekali. Belajar bahasa asing berarti tidak hanya mempelajari bahasa baru, tetapi kita juga belajar mengenai budaya mereka juga. 


Salah satu bahasa asing yang populer di dunia adalah bahasa Jerman. Bahasa Jerman merupakan mata pelajaran yang wajib dipelajari oleh peserta didik SMA/ SMK dan mahasiswa yang mengambil jurusan Bahasa Asing: Bahasa Jerman dan Sastra Jerman. 


Sebagai pelajar atau mahasiswa Anda memiliki kesempatan yang lebih terbuka untuk belajar berbagai hal terutama belajar bahasa. Di sekolah Anda akan mendapatkan pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin. Meskipun demikian, Anda juga diperbolehkan untuk belajar bahasa asing lainnya seperti Bahasa Jerman. Manfaat belajar Bahasa Jerman juga tergolong banyak untuk Anda. Mengapa kita harus belajar Bahasa Jerman?


1. Bahasa Jerman merupakan bahasa ilmiah kedua yang paling sering digunakan


Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang dominan untuk pengetahuan dan sastra. Namun dalam jaringan kerjasama internasional dan lintas disiplin di tingkat global, bahasa Jerman masih banyak dipakai. Masyarakat Jerman modern mendasarkan diri pada pengetahuan. Pengetahuan dan penelitian menempati kedudukan kuat dalam kehidupan umum di Jerman.


2. Jerman adalah rumah dari ribuan perusahaan internasional


Tentu saja, belajar berbicara dan menulis bahasa Jerman lebih mudah dibandingkan bahasa lainnya (Deutsch ist sehr einfach). Tidak hanya mudah, manfaat belajar berbahasa Jerman tentunya sangat terasa bagi Anda yang ingin bekerja di perusahaan asing, dalam hal ini adalah perusahaan Jerman. 


3. Jerman adalah tujuan studi yang menarik.


Jerman adalah tujuan paling populer ketiga di kalangan siswa internasional di dunia. Jerman mengundang orang-orang muda dari seluruh dunia untuk belajar di Universitas Ilmu Terapan, Universitas Teknik, dan Universitas Seni Rupa yang sangat populer secara internasional yang dimiliki oleh negara-negara federal. Dan bagian terbaiknya adalah sebagian besar universitas Jerman tidak mengenakan biaya kuliah.


4. Lebih Mudah Memahami Sastra, Seni dan Filsafat


Bagi Anda pecinta sastra, seni atau filsafat menguasai Bahasa Jerman sangatlah penting. Ini dikarenakan banyak sastrawan, seniman dan juga filsuf terkenal yang menggunakan Bahasa Jerman untuk menuangkan pemikirannya. Contoh seperti Freud, Mozart, Kafka, Goethe dan masih banyak lagi.


Salah satu manfaat belajar Bahasa Jerman yang akan Anda rasakan yaitu bisa memahami pemikiran para sastrawan, seniman dan filsuf tersebut. Memahami pemikiran para tokoh besar dunia tersebut tentu ada banyak manfaatnya. Salah satunya yaitu bisa mendapatkan pengetahuan baru.


5. Mempelajari Budaya Eropa


Secara tidak langsung ketika Anda belajar bahasa Jerman, ada banyak kebudayaan yang dipelajari. Bahkan ketika Anda sedang menghafalkan kosakata. Kamu jadi lebih mengenal bagaimana budaya orang Jerman dan bisa mencontoh hal baik yang mereka miliki.


Misalnya saja dalam soal kedisiplinan waktu, pada saat kursus Anda bisa belajar agar tidak terlambat untuk datang ke kelas. Mempelajari budaya ini juga akan memperluas pengetahuan akan budaya asing. ***

Karya Osin Bahy
saya osin bahy

Related Posts

2 komentar

Posting Komentar