Mengenal Ruhrgebiet di Jerman

2 komentar


Ruhrgebiet atau kawasan industri Ruhr di Jerman. Letak dearah Ruhr di negara bagian Jerman Nordrhein Westfalen merupakan salah satu kawasan industri besar di Eropa. Kawasan yang meliputi 53 kota itu berpenduduk sekitar lima juta orang, 630 ribu diantaranya warga asing. Disamping itu masih banyak penduduknya yang memiliki kewarganegaraan ganda. Meskipun Ruhrgebiet, kawasan yang membentang antara Duisburg dan Dortmund itu dikenal sebagai kawasan industri, tapi selain banyak ditemui jalur-jalur hijau, kawasan itu memiliki banyak hutan, danau serta tentu saja Sungai Ruhr. 


Dikutip dari DW pada tahun 2010 Ruhrgebiet menyandang gelar sebagai ibukota budaya Eropa. Pemilihan ini dan juga presentasi kawasan industri sebagai daerah tujuan wisata mendokumentasikan perubahan besar pada struktur daerah itu. Kehidupan di Ruhrpott, yaitu sebutan lain dari Ruhrgebiet, kawasan industri Ruhr, tidak lagi hanya diwarnai oleh cerobong-cerobong asap industri, pertambangan batu bara dan industri baja. Namun kini dilengkapi fasilitas pendidikan yang lengkap. Selain enam universitas dan 9 perguruan tinggi, di kawasan itu terdapat banyak lembaga penelitian. Tiga bidang Institut Max Plack terdapat di kawasan Ruhr. 


Di daerah Ruhrgebiet ini, anda bisa melihat beberapa kota besar di Jerman. Dan tentu anda dimanjakan dengan keindahan pemandangannya. Dari hasil wawancara penulis kepada Tia Agustini asal Nita  Maumere yang bekerja di Jerman katanya; "Saya biasa ke Ruhrgebiet berjalan kaki dan menikmati pemandangan yang luar biasa indahnya. 



Karya Osin Bahy
saya osin bahy

Related Posts

2 komentar

Posting Komentar